Menu Halaman

Kamis, 18 Desember 2008

Matematika: Tips untuk menyelesaikan soal perbandingan

Langkah-langkah :
  • buat tabel yang dimana kolom 1 adalah angka perbandingan, dan kolom 2 adalah angka real
  • carilah bilangan pengali yang diperoleh dari
angka real : angka perbandingan
  • kalikan bilangan pengali dengan angka perbandingan sehingga didapat angka real.
angka real = angka perbandingan x bilangan pengali


Contoh Soal


Perbandingan umur Andi dengan umur Ayah adalah 2 : 7. Jika umur Ayah 49 tahun maka :
a. Berapa umur Andi ?
b. Berapa jumlah umur mereka ?
c. Berapa selisih umur mereka ?


a. Jadi umur Andi = 14 tahun
b. Jumlah umur mereka = 63 tahun
c. Selisih umur mereka = 35 tahun

------------
Pak Tono adalah penjual buah. Ia menjual buah mangga, jeruk, dan apel dengan perbandingan 3 : 5 : 9. Jika selisih buah apel dengan jeruk adalah 24 buah, maka
a. Berapa jumlah buah mangga ?
b. Berapa jumlah buah jeruk ?
c. Berapa jumlah buah apel ?
d. Berapa jumlah semua buah yang dijual ?
e. Berapa selisih buah apel dengan mangga ?
f. Berapa selisih buah jeruk dengan mangga ?


Bilangan pengali = 24 : 4 = 6

Jadi :
a. Jumlah buah mangga = 18 buah
b. Jumlah buah jeruk = 30 buah
c. Jumlah buah apel = 54 buah
d. Selisih apel dengan mangga = 36 buah
e. Selisih jeruk dengan mangga = 12 buah
f. Total semua buah = 102 buah

---------
Pak Tani menanam berbagai macam sayuran di ladangnya. Ladang pak Tani luasnya 1.800 m2. Jika lahan tersebut ditanami terong, sawi, kol, tomat dan cabe dengan perbandingan 2 : 4 : 5 : 6 : 7 , maka
a. Berapa m2 lahan yang ditanami terong ?
b. Berapa m2 lahan yang ditanami sawi ?
c. Berapa m2 lahan yang ditanami kol ?
d. Berapa m2 lahan yang ditanami tomat ?
e. Berapa m2 lahan yang ditanami cabe ?
f. Berapa m2 selisih lahan yang ditanami cabe dengan kol ?
g. Berapa m2 selisih lahan yang ditanami tomat dengan terong ?


Untuk Langkah Pengerjaan dan Jawabannya, Silakan

29 komentar:

  1. Thx banget bro... bermanfaat bgt, pas gw lg nyari penyelesaian soal perbandingan...

    BalasHapus
  2. cara seperti ini kalau kita mau pintar.....trims om untuk cara / triknya

    BalasHapus
  3. Thx, cara yg lebih baik dari cara yg diajarkanku di sekolah...


    Nice post

    BalasHapus
  4. Ihh gua nyari perbandingan yg umur2 ihhh
    kagak ngerti gua -_______-

    BalasHapus
  5. tolong solusinya : perbandingan panjang dan lebar adalah 7:3. luas persegi panjang adalah 756 cm2. berapa keliling persegi panjang? dari sigit (email : sigit_00012193@yahoo.co.id

    BalasHapus
  6. @ bapak sigit pramono = sangat simple sekali, pakai logika matematika.

    luas = p x l
    perbandingan luas = 7 : 3
    luas = 756 cm kuadrat.

    ===========================
    cari luas pembanding =>
    7 x 3 = 21

    tinggal cari pengali nya dengan cara nilai luas real : luas pembanding
    maka 756/21 = 36

    kemudian, cari keliling, rumus keliling adalah (p+l) x 2

    = ( 7+3 ) x 2 = 20

    keliling real = 36 x 20 = 720 cm.

    that so simple.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kalo dari pertanyaan di atas apakah bisa dicari panjang dan lebarnya? kalo hitung2an saya panjang 252 dan lebar 108. mohon bantuannya. karena bilangan pengali adalah 36 lalu saya kalikan 7 untuk panjang, dan kali 3 untuk lebar.

      Hapus
    2. mohon maaf,,,,untuk bilangan pengali, krn itu masih kuadrat jadi harus diakarkan dulu...jadi akar 36=6
      karena kalau bilangan pengalinya 36, dan hasil panjang real 252 dan lebar 108,,, maka hasil perkalian luasnya adalah 252x108=27.216... jadi tidak sesuai dengan soal awalnya... mohon maaf jika sy salah...terima kasih

      Hapus
    3. maaf sebelumnya, menurut saya: bilangan pengalinya itu harus dikuadratkan karena " Luas persegi panjang = P x L " itu logika hasilnya adalah bilangan kuadrat. sehingga bilangan pengalinya adalh "akar kuadrat 36". sehingga diketahuilah "P & L" nya. maka P= (akar kuadrat 36 x 7), L=(akar kuadrat 36 x 3). karena P & L sdah diketahui tinggal didistribusikan kedlm rumus kelilingnya. yaitu:
      Kell= 2 (P+L)
      = 2 [(7 x akar kudrat 36) + (3 x akar kuadrat 36)]
      = 2 [(7 x 6)+(3 x 6)]
      = 2 [42 + 18]
      = 2 x 60
      = 120.

      Hapus
  7. tolong solusinya:
    1. suatu lokasi kerja setelah didata terdapat 40 org berusia diatas 35 tahun dan 25 org berusia dibawah 35 tahun. berapa perbandingan jumlah pekerja dilihat dari usia?

    2. suatu persediaan logistik akan habis untuk 1 bulan dengan 60 org. berapa persediaan itu akan habis jika ada penambahan 15 org?

    BalasHapus
  8. buat anonim masak p = 7 l = 3 kan luasnya 21 kalo gitu sedangkan luas nya kan 756 yg bener p=42 dan l= 18 coba dikalikan hasilnya pasti 756

    BalasHapus
  9. soal cerita ini bagaimana penyelesaiannya: 6 tahun yg lalu jmlh umur ayah & ibu adalah 11 kali selisihnya. sekarang umur ayah adalah 7/6 dari umur ibu. tentukan umur ayh dan ibu 3 thn yang akan datang ??

    BalasHapus
  10. Kak aku tetep bingung sama bilangan pengalinya. Gimana cara ngedapetinnya?
    Mau ngajarin adek yang mau UN nih.

    :'(

    BalasHapus
  11. pusing deh caranya kok singkat ragu nih caranya takut salah.......

    BalasHapus
  12. terimakasih y...
    saya membantu sekali.....

    BalasHapus
  13. terimakasih y...
    sangat membantu dalam memecahkan soal perbandingan

    BalasHapus
  14. suwun. dulu suka mbolos kalo pas matematika. sekarang pas ditanya soal perbandingan sama anak jadi bingung. suwun banget pak

    BalasHapus
  15. coba bantu saya cara mudah untuk mencari bilangan pengali,krn murid sy anak2 sd yg butuh penjelasan rinci..

    BalasHapus
  16. Terima kasih infonya gan..

    Kunjungi juga blog ane ya : Romulo Informasi Blog

    BalasHapus
  17. Saya laginyari soal ini

    Beny bersepeda selama 50 menit dengna kecepatan 15 km/jam
    A.jika beny ingin menempuh jarak tersebut selama 30,menitberapa kecepatannya?

    B.jika beny menggunakan kecepatan rata-rata 20km/jam untuk menempuh jarak tersebut berapa lama dia bersepeda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. A. jarak(s)=v.t jarak= 5/6*15= 1,67km
      kecepatan(v)=s/t v=1,67km / 1/2(30menitjadijam)= 3,3km
      B. jarak(s)=v.t jadi 1,67*20= 33,4km

      Hapus
    2. menurut sy jwbn anda salah
      A. S=V.T jadi S = 5/6*15 = 12,5 Km jadi jika t = 30 menit dikonversi ke jam =30/60=1/2 jam atw 0,5 jam jadi V = S/T 12,5/0,5 = 25 Km/Jam
      B. S = 12,5 Km V=20 Km/Jam jadi T = S/T 12,5/20 = 0,6 jam atw 37,5 menit

      Hapus
  18. Terima kasih, semoga cara ini bisa membantu Nur yg mw ujian 2013 ini. Terima kasih sekali lagi :D.

    BalasHapus
  19. saya boleh nanya soal ini juga perbandingan tapi nyari perbandingannya kayak gini : jumlah luas kota zaire dan saudi arabia adalah 4.674.000 km2, sedangkan selisihnya 12.000km2. tentukan perbandingan zaire dan saudi arabia

    BalasHapus
  20. Comment By : Karyn
    Gimana kalo A dan B itu selisihnya 6 th
    perbandingannya 2:5
    berapa umur a dan b ?
    Tlg dijawab, email sy : Bomber_Fairy@yahoo.co.id

    BalasHapus
  21. Gimana nih
    A dan B itu selisihnya 6 th
    trus pembandingannya it 2:5
    brp umur A dn B ?
    tlg dijawab
    atau email k sy,, email sy : Bomber_Fairy@yahoo.co.id

    BalasHapus
  22. klo soalnya kayk gini gimana ?
    carilah nilai a, b, dan c !
    5a - b = 24
    a : b = 5 : 2
    c = 1/7 (a+b)

    Mohon bantuannya y...

    BalasHapus

Pergunakan bahasa yang sopan dalam memberi komentar. Karena kesopanan mencerminkan diri kita sebenarnya.

Buku Bagus

Jual Jam Original

jual jam tangan original