Menu Halaman

Rabu, 28 Januari 2009

IPA: Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana adalah alat sederhana untuk memudahkan pekerjaan manusia

Jenis-jenis pesawat sederhana :
1. Pengungkit atau Tuas
2. Bidang Miring
3. Katrol
4. Roda dan Poros

Pengungkit atau Tuas

RUMUS
  • Apabila lengan beban lebih pendek dari lengan kuasa maka kuasa yang dikeluarkan lebih kecil dari beban.
  • Apabila lengan beban lebih panjang dari lengan kuasa, maka kuasa yang dikeluarkan lebih besar dari beban.

Bidang Miring
Bidang miring adalah pesawat sederhana yang berupa alat dengan pemukaan yang dibuat miring.
Tujuannya agar memperudah seseorang memindahkan suatu benda.

Katrol
Katrol atau kerek adalah pesawat sederhana yang berupa roda yang berputar tetapi tidak berjalan.
Katrol berfungsi untuk mengangkat benda.
Katrol dilengkapi denga tali atau rantai.
Prinsip kerja katrol sama dengan pengungkit, yaitu memiliki titik tumpu (TT), titik beban (TB), dan titik kuasa (TK).

Roda dan Poros

Informasi selengkapnya silakan download disini:
http://www.ziddu.com/download/3324155/PesawatSederhana.pdf.html

10 komentar:

  1. Saya berterima kasih atas informasinya, saya berharap dengan informasi yang anda berikan, saya mempunyai pengetahuan yang lebih luas lagi tentang pesawat sederhana

    BalasHapus
  2. Kebetulan saya guru yang akan mengajarkan pesawat sederhana.thanks infonya ya!
    Lia :www.rukoqanita.blogspot.com

    BalasHapus
  3. shaskya wida oktienaSabtu, Mei 08, 2010 2:48:00 PM

    aq murid nih ingin thu luas............pengertian pesawat sederhana yang bsa deh bwt bljr secool..............

    BalasHapus
  4. ilmu yang aq minta izin copy paste. trima kasih ya

    BalasHapus
  5. makasih informasinya,,tapi kalo pesawat sederhananya lebih lengkap pasti lbih bagus

    BalasHapus
  6. sayang sekali ga ada gambarnya karena kami sebagai pelajar kami disuruh mencari gambar

    BalasHapus
  7. makasih atas informasi tentang pesawat sederhana ,karena pelajaran saya sampai tentang pesawat sederhana

    BalasHapus
  8. thankxz saya kls lima
    tetapi saya mau tau apa itu flkrum
    tolong di balas besok saya akan terima jawabanya ya
    THANKZ

    BalasHapus
  9. makasih banyak untuk informasinya,sangat membantu,tapi kenapa ga ada gambarnya ya?

    BalasHapus

Pergunakan bahasa yang sopan dalam memberi komentar. Karena kesopanan mencerminkan diri kita sebenarnya.

Buku Bagus

Jual Jam Original

jual jam tangan original