Menu Halaman

Selasa, 19 Januari 2010

Bhs Indonesia: PEMENGGALAN KATA

Dasar pemenggalan kata :
1. Awalah dan akhiran diperlakukan sebagai satuan yang terpisah.
Contoh :
pelajar : pel – a – jar
hitungan: hi – tung – an
beradab : ber – a – dab

2. Bentuk gabungan dipenggal lebih dahulu atas satuan-satuannya.
Contoh :
sebaguna : ser – ba – gu – na
ekstrakurikuler : eks – tra – ku – ri – ku – ler
>biografi : bi – o – gra – fi

Pemenggalan kata dasar, baik kata Indonesia maupun kata serapan, dilakukan dengan prinsip ortografis, sebagai berikut :

1.Pemenggalan kata yang mengandung huruf-huruf vokal yang berurutan di tengah dilakukan di antara kedua huruf vokal.
Contoh :
buah : bu – ah
main : ma – in
aorta : a – or – ta

Mau lebih lengkap... download aja DISINI

7 komentar:

  1. bagus, tapi kok ga bisa download yang bagian selanjutnya ya???

    BalasHapus
  2. Coba download dari link ini: http://www.ziddu.com/download/8191261/PEMENGGALANKATA.pdf.html

    BalasHapus
  3. anak saya kelas 3 SD, dapat soal dari guru : pemenggalan kata dari "Kebersihan" adalah: anak saya menjawab : Ke-ber-sih-an.
    gurunya mengatakan itu salah, yang benar : Ke-ber-si-han, menurut bapak yang benar yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang benar seperti yang anak bapak jawab: ke-ber-sih-an, karena kata dasarnya adalah "bersih" BUKAN "bersi"

      Hapus
  4. anak saya kelas 3 SD,dapat soal dari guru: pemenggalan kata" membuang" menurut kata dasarnya adalah ... jawaban anak saya mem-buang.jawaban gurunya: mem-bu-ang. menurut bapak yang benar yang mana ? tolong balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata aku sih jawabannya mem-bu-ang berarti anak bapak salah aku udah kelas 4 sd jadi aku udah tau soal seperti itu

      Hapus
  5. tolong masukan, pemenggalan kata tamasya gimana ya?

    BalasHapus

Pergunakan bahasa yang sopan dalam memberi komentar. Karena kesopanan mencerminkan diri kita sebenarnya.

Buku Bagus

Jual Jam Original

jual jam tangan original